Sunday, June 26, 2016

Fenomena Hujan Meteor



Shooting stars", falling stars" atau hujan meteor, terserah anda ingin menyebutnya apa. Kelap-kelip ini cahaya yang beruntun di malam langit adalah potongan-potongan kecil batu dari angkasa. Mereka memasuki atmosfer kita pada kecepatan hingga 71 km/s (miles ~ 158,000 mph). Terlihat bercahaya karena gesekan dengan molekul udara memanaskan mereka untuk lampu pijar. Kebanyakan lebih kecil dari sebutir beras. meteor ini membakar dalam kedua pada ketinggian sekitar 80 km, tinggi ionosfer. Meteor terang disebut bola api atau bolide.

hujan meteor

Sporadis meteor

Ada dua jenis meteor-meteor sporadis dan meteor shower. Sporadics berasal dari bit acak debu tata surya yang mengorbit matahari. kesempatan meteor melewati bumi tidak dapat diprediksi. Sementara mereka sedikit cluster di berbagai belahan langit, kejadian sporadis-maka nama. Sporadics adalah orang-orang kebanyakan orang melihat sambil menatap ke langit malam. Harga mata telanjang untuk sporadis meteor jarang melebihi lima per jam. Sejauh yang kita tahu, Semua meteor yang mencapai tanah - meteorit - berasal dari sporadics."

Meteor shower

Meteor shower berasal dari debu yang dirilis oleh komet perjalanan mereka melalui tata surya kita. Debu menyebar keluar sepanjang orbit komet dan membentuk jejak elips puing-puing yang melewati mengelilingi matahari dan melintasi orbit planet-planet. Meteor shower terjadi ketika bumi melewati jejak ini dari puing-puing selama tahunan orbit mengelilingi matahari. Tahun berikutnya, bumi melewati puing-puing jejak yang sama lagi tentang tanggal yang sama. Ini adalah mengapa meteor shower adalah acara tahunan yang diprediksi. 

Beberapa meteor shower terakhir hanya beberapa jam, orang lain berlangsung selama beberapa hari. Durasi tergantung pada seberapa luas trail debu adalah; beberapa sempit, orang lain lebih luas. Sinar matahari dan partikel dari angin surya, aliran panas, cepat ion yang terus bertiup ke luar dari matahari, dapat mendorong debu dari orbit komet. Semakin kecil partikel, semakin dapat dipindahkan. Sebagai hasilnya, jalur debu dapat memperluas dan ketika itu terjadi, dibutuhkan bumi lagi untuk menjelajahinya.
"Bersinar" mandi meteorit

Semua meteor di meteor shower datang dari arah yang sama dalam ruang. Dari tanah, mereka tampaknya memancarkan dari satu lokasi di langit, disebut radiant. Ini adalah mengemudi mobil Anda melalui sebuah terowongan: beberapa bagian dari terowongan lulus di kiri atau kanan, Anda diatas kepala atau di bawah mobil. Dalam hal ini "berseri" akan "lurus ke depan." Meteor shower dinamai rasi dari mana mereka tampaknya memancarkan. Misalnya, "Geminids" tampaknya berasal di rasi Gemini. 


Berapa banyak pancuran, berapa banyak meteor?

Ada ratusan meteor shower dan yang baru sedang ditemukan setiap tahun. Beberapa hujan meteor utama yang tercantum dalam tabel di atas.

Meteor menghasilkan panas jalur terionisasi gas di belakang mereka. Beberapa jalur ini dapat terlihat di langit malam selama beberapa menit setelah melewati meteor. Gas ini mencerminkan radar gelombang dan akibatnya meteor juga dapat dideteksi siang hari. Baru-baru ini Dr. Peter Brown dan kolaboratornya di University of Western Ontario digunakan berbasis tanah radars untuk mengidentifikasi 13 baru meteor shower.

Pada puncaknya, baik meteor shower mungkin menghasilkan seratus meteor per jam, disebut zenith tarif per jam, atau ZHR. Kadang-kadang badai meteor terjadi, dimana ZHR melebihi 1000 meteor setiap jam. Badai meteor Leonid 2002 adalah layar yang hebat dengan lebih dari 3000 meteor per jam untuk sekitar setengah jam.
Komet yang terdiri terutama dari es dengan sedikit pasir atau kerikil kecil. Sebuah komet khas inti terletak beberapa mil di seluruh. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di orbit yang malas, elips di luar tata surya mana intinya dingin dan sebagian besar tidak aktif. Sebagai contoh, Komet Halley memiliki periode 76 tahun dan pada titik yang terjauh dari matahari luar orbit Neptunus. Suhu permukaan komet inilah sekitar 47 derajat di atas nol mutlak (-375 F).

Tapi selama bagian dari komet tersebut dekat matahari, permukaannya memanas, beberapa es menguap dan debu dirilis. Komet masing-masing memiliki dua ekor, satu terdiri dari debu, yang lain dari gas. Kedua ekor peregangan dari inti dan titik lebih atau kurang dari matahari. Hal ini karena sangat panas partikel yang berasal dari matahari (surya angin) mendorong ekor ke luar, kemanapun arah inti bergerak.

Sungai debu mungkin terlihat seragam tetapi mereka biasanya terdiri dari beberapa aliran individu, seperti helai-helai tali. Masing-masing untai diproduksi oleh bagian berbeda komet melalui tata surya batin. Aliran elips partikel juga bergeser sangat sedikit dari tahun ke tahun karena bidang gravitasi Jupiter. Sebagai akibatnya, jumlah meteor dapat bervariasi dari satu shower tahunan ke yang berikutnya seperti bumi melewati bagian yang berbeda dari aliran debu. Oleh sekitar 2099 orbit komet Tempel-Tuttle (sumber meteor Leonid) tidak lagi akan berpotongan orbit bumi. Dan hasilnya? Hujan meteor Leonid tidak lebih.

Komet yang asal-usul paling meteor shower tetapi beberapa datang dari asteroid. Ini mungkin sangat tua komet. Setelah cukup bagian melalui tata surya hangat, batin, es yang telah benar-benar menguap, meninggalkan kumpulan longgar partikel debu yang diselenggarakan bersama oleh gravitasi lemah mereka sendiri. Ini disebut "tumpukan puing-puing" asteroid mungkin sisa-sisa komet mantan.

Saat ini, beberapa meteor adalah benar-benar bit dari puing-puing ruang buatan manusia. Ini cenderung menjadi hal-hal seperti cat chip dan menghabiskan roket hardware. Meteor mereka menghasilkan dapat kadang-kadang diidentifikasi sebagai buatan manusia karena mereka bepergian jauh lebih lambat di langit dari meteor alami.

Bagaimana untuk mengamati Meteor Shower

Pertama Anda perlu mencari tahu ketika meteor shower (Lihat tabel di atas). Selanjutnya Anda ingin mencari tempat dengan pandangan yang jelas ke langit seluruh. Daerah gelap jauh dari lampu-lampu kota apapun terbaik. Menghindari tempat-tempat yang mana lampu kendaraan sejenak akan mempesona Anda. Pendekatan yang terbaik adalah untuk berbaring di kursi rumput atau tanah dengan bantal sehingga Anda nyaman mendongak. Pengetahuan rasi mana kebohongan berseri-seri mungkin berguna tetapi tidak diperlukan: meteor dapat muncul di mana saja di langit. Kemudian bersantai dan menatap ke langit. Teropong tidak diperlukan untuk melihat meteor tetapi mungkin dapat membantu dalam melihat jejak uap setelah meteor terutama cerah. Peralatan berguna lainnya adalah serangga repellant di musim panas. Senter dapat berguna tetapi pastikan memiliki filter merah untuk menghindari kehilangan adaptasi gelap Anda ketika menggunakannya.

Secara umum, kita dapat melihat lebih meteor setelah tengah malam. Inilah mengapa. Bumi berputar ketika bergerak melalui jejak debu komet. Di sore hari kami di bumi yang terlindung dari debu trail, tapi di pagi hari kita di bumi yang telah berputar ke arah jalur debu. Seperti mengemudi melalui hujan: Anda selalu mendapatkan lebih banyak hujan di kaca depan daripada di jendela belakang.

Hujan Meteor di Indonesia

setelah hujan meteor Lyrid kemarin, kini muncul kembali hujan meteor Eta Aquarids yang akan terjadi pada Jumat, 22 April 2016. Hujan meteor eta aquarids biasanya aktif di antara tanggal 19 April hingga 28 Mei tiap tahunnya. Hujan meteor ini dipicu oleh kejatuhan batu angkasa dari puing komet Halley dengan fase puncak hujan meteor pada 5 - 6 Mei 2016. *
(sumber Liputan6)

Artikel Terkait

Fenomena Hujan Meteor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email