Monday, June 27, 2016

Hujan Buatan


Troposfer, suhu atmosfer turun dengan sangat signifikan. Karena itu awan troposfer lebih rendah suhunya, pada ketinggian tertentu akan naik. Ketika suhu awan di atas 0° C, awan disebut awan hangat, ketika dibawah 0° C disebut awan dingin. Di dalam awan hangat, tetesan air kecil akan menjadi besar yang melalui tabrakan dan koalesensi, dan akhirnya akan memecahkan apung awan dan jatuh menjadi hujan. Demikian juga di dalam awan dingin, es kristal dapat pula tumbuh untuk ukuran yang mana mereka dapat mematahkan daya apung dan jatuh dari awan, dan ketika mereka melewati shu dari 0° C akan meleleh dan menjadi tetes hujan. 

Ketika tetes air di awan terlalu kecil atau tidak ada cukup kristal es untuk membuat curah hujan kita dapat menggunakan buatan cara membuat kristal es atau bantuan tetes kecil air tumbuh dan dengan demikian memfasilitasi pembentukan curah hujan. Fenomena cuaca dipengaruhi manusia ini disebut hujan buatan. Ada juga bnyak cara untuk membuat hujan di awan dingin, tetapi cara ang paling umum adalah dengan menggunakan es kesring atau perak iodida. Hal ini terutama karena suhu es kering adalah -78° C. 

Menyebarkan es kering dalam awan dinin kurang kristal es dengan cepat akan mengurangi suhu. Oleh karena itu kita langsung mengubah supercooled air menjadi kristal es, yang akhirnya akan menjadi hujan tanpa bantuan dari inti kristal es. Silver iodida di sisi lain, inti es kristal sangat efektif. Dengan menambahkannya ke awan, silver iodida bertindak sebagai inti es kristal dapat memfasilitasi solidifikasi air tetes di bawah 5° C ke kristal es. Melalui tumbuh proses kristal es di bawah koeksisten si tetesan air, hujan akan terbentuk.

Apakah umum untuk merebus air, hujan buatan dan reaksi Mentos-Diet Coke? Pembentukan inti itu! Mari kita lihat apa artinya.


Jadi apa yang dimaksud pembentukan inti?

Bagaimana hujan terjadi di alam? Seperti angin melewati laut, itu mengumpulkan evaporasi air sebagai tetes sangat, sangat kecil. Sebagai angin naik tinggi di udara, suhu menjadi sangat dingin, menyebabkan beberapa tetes ini untuk menggabungkan.Penurunan lebih besar ini menarik lebih tetes air, dan seterusnya dan pada. Proses ini disebut pembentukan inti.

Ketika tetes air menjadi sekitar 0,1 mm tebal, mereka tidak bisa mengapung di udara lagi. Mereka kemudian jatuh ke tanah sebagai hujan.

Hujan buatan


Kadang-kadang tidak mendapatkan cukup dingin di awan untuk pembentukan inti terjadi. Tetapi jika kita ingin awan hujan, kita harus membuat tempat-tempat yang mana pembentukan inti dapat terjadi. Hal ini dilakukan dengan metode yang disebutawan seeding.

Partikel-partikel kecil dari perak iodida disemprotkan di awan dari sebuah pesawat.Kadang-kadang, karbon dioksida (disebut sebagai es kering) digunakan, karena lebih murah. Partikel menarik tetesan air dari awan. Ketika mereka membentuk penurunan yang cukup besar, itu mulai hujan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang awan seeding di sini.

 Dampak lingkungan


Hujan buatan memiliki beberapa konsekuensi yang tidak diinginkan. Penggunaan perak iodida berarti bahwa ada banyak perak yang juga hujan atas lanskap. Jika awanseeding dilakukan selama bertahun-tahun di tempat, perak ini mulai menumpuk dalam tubuh tumbuhan dan hewan. Terlalu banyak perak dalam tubuh mengarah ke kondisi yang disebut argyria. Dalam hal ini, kulit dan mata mendapatkan hue kebiruan.

Silver iodida adalah bahan kimia berbahaya, dan dapat menyebabkan anemia, kelemahan dan kehilangan berat badan. Oleh karena itu para pekerja harus benar-benardilindungi ketika menangani perak iodida.

Jawabannya adalah pembentukan inti, seperti dalam awan. Jika Anda melihat sebuah permen Mentos di bawah mikroskop, Anda akan melihat bahwa ia memiliki permukaan kasar  Permukaan ini menciptakan situs pembentukan inti untuk karbon dioksida dilarutkan dalam Diet Coke. Gelembung mulai terbentuk pada permukaan dari permen. Ketika mereka menjadi terlalu besar, mereka melarikan diri dari botol. Jutaangelembung seperti itu, dan Anda bisa melihat Fiz besar.

Hal yang sama terjadi ketika Anda merebus air. Sebagai air menjadi Uap, gelembung kecil mulai terbentuk. Penyok kecil dalam wadah yang digunakan bertindak sebagai situs pembentukan inti, mana gelembung menjadi lebih besar sampai mereka melarikan diri.

Apakah Anda merebus air dalam mangkuk microwave goresan, ia cenderung untukmemanaskan lebih dari 100° C tanpa perebusan. Tetapi hal itu akan mendidih segera jika Anda menggelengkan itu atau meletakkan sendok di dalamnya (tidak pernahmenempatkan jari Anda). Itu karena Anda memperkenalkan situs pembentukan intiuntuk gelembung uap untuk mulai tumbuh. Jadi jika Anda merebus air dalam microwave, pastikan untuk menggunakan sarung tangan atau penjepit.

Para ilmuwan menemukan cara untuk membuat hujan buatan menggunakan bakteri- yang bisa menjadi penyelamat bagi negara-negara yang sarat kekeringan


Getty RainScientists klaim mereka telah menemukan cara untuk membuat hujan buatan menggunakan bakteri

Bakteri mungkin sering dikaitkan dengan penyakit dan pencernaan - tapi itu juga dapat memainkan peran besar dalam cuaca.

Dan para ilmuwan sekarang mengklaim mereka telah bekerja keluar bagaimana mikroba bersel tunggal dapat digunakan untuk membuat hujan buatan.

Penemuan ini bisa menjadi besar tali penyelamat untuk tempat yang menderita dengan kekeringan dan saat ini sedang dipertimbangkan sebagai bagian dari sebuah proyek di Uni Emirat Arab.

Profesor Tobias Weidner, bioengineer di Institut Max Planck untuk penelitian polimer di Mainz, Jerman, adalah kepala dari tim peneliti yang telah mempelajari strukturbakteri 'membuat hujan' yang disebut Pseudomonas syringae.

Dia mengatakan kepada MailOnline: "bakteri dapat menginduksi pembentukan inties di ketinggian awan.

"Inti es kemudian menyebabkan hujan dalam awan ketinggian rendah di bawah ini.Jadi sepertinya bakteri es seperti P. syringae dapat menginduksi hujan."

Para peneliti melihat struktur mikroba melalui spektrometer, yang memungkinkanmereka untuk melihat bagaimana bakteri permukaan berinteraksi dengan molekul air.
Pengumuman berikut rencana, mengungkapkan minggu lalu, untuk membangun sebuah 1.2 mil-tinggi gunung di Uni Emirat Arab sebagai bagian dari upaya untuk mengumpulkan air sangat diperlukan di negara terik.
Dalam beberapa dasawarsa terakhir suhu meroket memiliki suram negara Timur Tengah, menyebabkan sungai kering, tanaman layu dan harga pangan melambung.

Tetapi para ilmuwan percaya mereka dapat membuat awan yang kemudian akan dipaksa untuk hujan pada permintaan, atau dibiarkan untuk alam untuk menjalankan tugasnya.

Ide di balik menciptakan Gunung adalah bahwa daerah di lereng akan menerima curah hujan yang lebih banyak daripada daerah aliran-berbaring dan datar, karena suhu pada ketinggian lebih tinggi jauh lebih keren daripada di permukaan laut.

Seperti udara meningkat menuju ke pegunungan itu cools, membentuk tetesan air yang, karena mereka menjadi cukup, berat jatuh ke bumi sebagai hujan.

Buatan manusia gunung akan menyebabkan efek natural ini terjadi, sementara awan juga akan buang bijinya, untuk menghasilkan lebih banyak curah hujan dan memutuskan saat hujan.
Meskipun rencana pada tahap sangat awal dan ada tidak ada rincian tentang bagaimana proyek akan dibiayai, itu dipandang sebagai langkah maju yang menjanjikan.
Ahli dari Universitas Corporation untuk penelitian atmosfer (UJAR) di Colorado bekerja pada "pemodelan studi rinci" menurut peneliti utama Roelof Bruintjes, dengan biaya $400.000 (£276,384).

Dia mengatakan kepada bisnis Arab: "apa yang kita lihat adalah pada dasarnya mengevaluasi efek pada cuaca melalui jenis gunung, seberapa tinggi itu harus dan bagaimana lereng seharusnya.

"Kami akan memiliki laporan dari fase pertama musim panas ini sebagai langkah awal."



Artikel Terkait

Hujan Buatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email