Sunday, June 26, 2016

Pengertian dan Dampak Hujan Asam

Pengertian Hujan Asam

Hujan asam adalah hasil dari polusi udara. Ketika  bahan bakar digunakan, banyak bahan kimia  yang diproduksi. Asap yang berasal dari api atau asap yang keluar dari knalpot mobil tidak hanya mengandung partikel abu-abu kotor bahwa Anda dapat melihat - mereka juga mengandung banyak gas tak terlihat yang dapat lebih berbahaya bagi lingkungan kita.

Hujan Asam Disebabkan oleh Pembangkit listrik, pabrik dan mobil semua membakar bahan bakar dan karena itu mereka semua menghasilkan polusi gas. Beberapa gas-gas ini (terutama nitrogen oksida dan sulfur dioksida) bereaksi dengan tetesan kecil air di awan bentuk sulfat dan asam nitrat. Hujan awan-awan ini kemudian jatuh sebagai sangat lemah asam - itulah sebabnya hal ini dikenal sebagai "hujan asam".
bagaimana hujan asam terjadi

Hujan Asam Terjadi Karena ?

Keasaman diukur dengan menggunakan skala yang disebut skala pH. Skala pH ini terhitung dari 0 hingga 14. 0 adalah yang paling asam dan 14 adalah paling alkali (kebalikan dari asam). Sesuatu dengan nilai pH 7, kita sebut netral, ini berarti bahwa itu asam maupun alkali.

Asam sangat kuat akan membakar jika mereka menyentuh kulit Anda dan bahkan dapat menghancurkan logam. Hujan asam jauh, jauh lebih lemah dari ini, tidak pernah cukup asam untuk membakar kulit Anda.

Sirkulasi Hujan Asam

Hujan selalu sedikit asam karena itu bercampur dengan alami oksida di udara. Hujan tercemar akan memiliki nilai pH antara 5 dan 6. Ketika udara menjadi lebih tercemar dengan nitrogen oksida dan sulfur dioksida keasaman dapat meningkatkan nilai pH 4. Beberapa hujan bahkan telah tercatat sebagai pH2.

Cuka memiliki nilai pH 2.2 dan jus lemon memiliki nilai pH2.3. Bahkan terkuat dicatat asam hujan hanya sekitar asam sebagai air jeruk nipis atau cuka dan kita tahu bahwa ini tidak membahayakan kami - jadi mengapa kita khawatir tentang hujan asam?
Efek dari hujan asam

Efek Hujan Asam

Hujan asam dapat dilakukan jarak yang besar di atmosfer, tidak hanya antara negara tetapi juga dari benua satu dengan benua. Asam juga dapat mengambil bentuk salju, kabut dan debu kering. Kadang-kadang turun hujan banyak mil dari sumber polusi tetapi dimanapun jatuh dapat memiliki efek yang serius pada tanah, pohon, bangunan dan air.

Hutan seluruh dunia sedang sekarat, ikan mati. Di Skandinavia ada danau mati, yang jelas tidak ada makhluk atau tumbuhan. Banyak dari ikan air tawar Britain's terancam, ada laporan Cacat ikan yang menetas. Hal ini menyebabkan ikan-makan burung dan binatang yang sedang dipengaruhi juga. Hujan asam yang bertanggung jawab untuk semua ini? Para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian ke dalam bagaimana hujan asam mempengaruhi lingkungan.

Sampai relatif baru saja polusi udara telah dilihat sebagai masalah setempat. Itu di Selatan Skandinavia di akhir 1950-an yang masalah hujan asam pertama diamati dan itu kemudian bahwa orang-orang mulai menyadari bahwa asal-usul polusi ini berada jauh di Inggris dan Eropa Utara. Satu jawaban yang awal polusi udara industri adalah untuk membangun cerobong asap sangat tinggi. Sayangnya semua hal ini adalah mendorong polusi gas ke awan memungkinkan emisi untuk hanyut pada angin. Angin membawa polusi banyak ratusan mil jauhnya di mana ia akhirnya jatuh sebagai hujan asam. Dengan cara ini Britain telah memberikan kontribusi setidaknya 16% dari endapan asam di Norwegia. Lebih dari sembilan puluh persen dari Norwegia asam pencemaran berasal dari negara-negara lain. Terburuk pencemar Eropa adalah Jerman, Inggris, Polandia, dan Spanyol, masing-masing menghasilkan lebih dari satu juta ton emisi belerang pada tahun 1994. Pemerintah sekarang mulai mengakui bahwa hujan asam adalah masalah lingkungan yang serius dan banyak negara sekarang mengambil langkah untuk mengurangi jumlah emisi sulfur dan nitrogen.

Artikel Terkait

Pengertian dan Dampak Hujan Asam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email